mauri si pembuat onar di tahun baru



mauri namanya. anak pembuat onar, selalu ada di setiap kerumunan. berada di keramaian. keberadaan yang sulit di ketahui tapi orang-orang tahu kalau ada mauri di sekitarnya.. dan setiap ada keramaian di kotanya disitulah ada keributan dan itulah mauri. kedatangannya seperti dinantikan banyak orang. mereka penasaran dengan keributan apalagi yang akan di perbuat anak 15 tahun ini. selalu lolos dari keamanan. anak yang tak tahu dari mana silsilahnya ini seperti ingin menunjukkan kalau dirinya ada.

kadang setelah melakukan keonaran dan pihak keamanan mengejarnya justru orang-orang kota membantu mauri untuk melarikan diri dari kejaran pihak keamanan. mereka dari pihak keamanan tak pernah berhasil menangkap mauri karna mauri yang lincah dalam melarikan diri dan itu di lakukannya hingga 2 tahun ini meskipun berhasil menangkap mauri belum cukup umur untuk di laporkan ke pihak hukum.

hari ini adalah tahun baru. banyak orang menantikan pesta kembang api yang diadakan tahunan di alun-alun kota serama. setelah pukul 00:00 semua kembang api di nyalakan semua terlihat meriah. dan benar saja yang dinanti-nantikan muncul. mauri si pembuat onar berlari menuju kembang api dan merubah arah dari kembang api yang tadinya ke atas menjadi agak serong. sekarang arahnya menuju rumah salah satu DPR di kota itu yang kebetulan rumahnya berada dekat alun-alun. seketika rumah menjadi berantakan, kaca-kaca rumah pecah bahkan hampir terjadi kebakaran. semua orang malah menyaksikan kejadian itu seperti pertunjukan. sekarang pertunjukannya menjadi semakin seru.

di pihak keamanan pada kebingungan antara mengejar si mauri yang lari dengan membawa sejumlah kembang api yang belum dinyalakan setelah dia membelokkan semua kembang api yang berada di alun-alun ke rumah DPR. sekarang pihak kemaamanan melepaskan mauri dan mematikan semua kembang api yang harusnya masih hidup untuk mengamankan rumah DPR.

setelah semua kembang api mati, rumah DPR dipastikan tidak terjadi kebakaran. kondisi mulai agak tenang. mereka (pihak keamanan ) mencari-cari mauri. tapi setelah semuanya agak tenang dari arah yang berlawanan dari rumah DPR ada kembang api lagi. tapi kali ini mengarah ke atas ada 4 kembang api yang menyala dan dibelakang kembang api tadi ada tulisan yang di tulis agak besar sehingga ketika kembang api itu menyala semua orang dapat membaca tulisan dengan samar2.
"kalian wakil dari rakyat. wakil dari rakyat yang miskin. wakil dari rakyat yang kaya. wakil dari rakyat yang menjual  ikan hingga rakyat yang menjadi bos. kalianlah yang mewakili kami. "
semua orang membaca tulisan mauri. mereka tahu kalau DPR di dekat alu-alun itu tak pernah kumpul dengan rakyat. dan hidupnya serba mewah. orang-orang selama ini menganggap semua ini biasa saja. tapi setelah membaca tulisan mauri, mereka baru sadar kalau di sekitar mereka ada yang mewakili untuk menyampaikan ke pemerintah keluhan dan aspirasi mereka.

begitulah mauri. selalu ada yang menarik dengan mauri meskipun dia sang pembuat onar. dan sekarang pihak keamanan pun tidak berhasil lagi menangkap mauri. #cerpen



Previous
Next Post »