Media penyimpanan yang baik

Media penyimpanan yang baik

Kemajuan zaman. semua menggunakan data. data begitu penting bagi sebuah lembaga maupun perusahaan. banyak yang rela mengeluarkan jutaan hanya demi datanya kembali karna media penyimpanan yang rusak atau terkena virus. dengan banyaknya model penyimpanan data akan membuat kita punya opsi banyak untuk menyimpan data, tapi kemungkinan data hilang juga banyak.

Fashdisk
beberapa media penyimpanan ada berupa flasdis, memori, hardis hingga drive, pertama kita bahas flashdis. flasdis sangat mudah digunakan dan dibawa kemana2, dengan ukuran yang kecil sehingga mudah di bawa dan menggunakan usb tinggal plug and play, tapi flasdisk merupakan sumber masalah kita kehilangan data meskipun bukan semua masalah dari flasdis. karna flashdis sangat banyak pengguna. sehingga satu flasdis yang teridentivikasi virus akan menyebar ke flashdis2 lain, sehingga banyak flashdis yang sudah terinveksi virus yang siap menular ke komputer yang di colok. kehilangan data di flashdis banyak di karenakan virus dan ada yang lebih parah yaitu hilangnya flashdis. dan hilangnya flashdis menjadi fatal karna data tidak bisa di backup. maka untuk penyimpanan di flashdis harap mempunyai backup.

Harddisk
hardisk merupakan penyimpanan utama data yang biasa kita kopi. karna harddis satu tempat dengan pc dan laptop, hardisk biasanya bertahan lama, data tidak mudah hilang termakan virus karna harddis tidak seperti flasdis yang dicolok kemana2. tapi kemungkinan hilang karena virus jjuga bisa. hardisk adalah penyimpanan data yang bahannya terbuat dari piringan sehingga sangat mungkin terjadinya bad sector atau tergores yang bisa membuat hardis rusak dan data tidak bisa di backup. padahal data yang berada di hardisk adalah semua data penting kita dengan kapasitas yang besar memungkinkan kita kehilangan banyak data. karna hardisk yang rusak sangat susah untuk diperbaiki meskipun ada dengan biaya yang mahal. maka hati2 dalam penggunaan komputer atau laptop, kerusakan hardisk dikarenakan komputer mati tiba2( tanpa shutdown) mati paksa, atau karna benturan (laptop jatuh). maka hati-hati dalam pengguaan komputer dan laptop dan tetap shutdown secara normal atau hardisk anda rusak,

Drive online/ cloud
Drive. penggunaan media penyimpanan online untuk menyimpan data adalah solusi paling aman karna terhindar dari virus, drive takkan hilang asal kita ingat password email kita. file bisa kita ambil dimanapun tanpa kita membawa flasdis atau hardis kita. dengan membutuhkan koneksi internet kita dapat mengambil data kita dari drive online. tak ada virus tak ada bad sector, asal kita ingat password email dan punya koneksi internet. kelemahan kita harus upload dulu untuk menyimpan data. ini yang membuat kita malas untuk menyimpan data di drive onlie atau cloud. dan untuk mengambil datanya pun harus download. padahal upload dan download membutuhkan waktu yang lama. maka solusinya anda tetap gunakan fasdisk untuk membawa data yang sewaktu2 akan digunakan dan tetap membackup flasdisk di laptop sebagai jaga2, sedangkan data yang menurut anda penting di hardisk anda upload ke drive untuk jaga2.

Kesimpulan
tetap menggunakan flasdisk untuk memindah file dan menyimpan data dan tetap menggunakan hardisk sebagai penyimpanan file atau data karna mempunyai kapasitas yang besar tetapi mempunyai drive online atau cloud untuk menyimpan data yang menurut anda penting dari hardisk anda.

#informatika
#bonus
Previous
Next Post »