Urutan Kabel UTP dan fungsi per kabelnya

Urutan Kabel UTP dan fungsi per kabelnya

kabel utp terdiri dari 8 kabel yang di bungkus dengan warna yang berbeda. urutan dari kabel utp ada 2 yaitu cros dan straight, sebelumnya penulis akan memberi penjelasan atau memberitahu fungsi dari kabel tersebut. sebenarnya kabel yang digunakan untuk transfer data hanya 4 kabel yaitu hijau, putih hijau, orange dan putih orange, selain itu yaitu warna yang mengandung biru dan coklat tak ada kaitannya dengan transfer data. jika anda ngrimping dan ada salah satu dari warna biru atau coklat yang mati, maka kabel itu masih bisa digunakan untuk transfer data.

dalam hal ini kita hanya akan fokus dengan 4 warna saja putih orange, orange, putih hijau dan hijau. selain warna itu tidak terlalu penting untuk transfer data. trus mengapa ada kabel coklat dan biru?? kabel biru dan orange digunakan para teknisi untuk setting jaringan yang menggunakan poe, karna warna biru dan coklat akan menjadi kabel plus dan min untuk poe. untuk sekedar swith ke komputer, komputer ke komputer atau swith ke swith semua tak ada pengaruhnya dengan kabel biru dan coklat. cukup 4 warna orange dan hijau internet masih bisa jalan.

urutan kabel straight
kabel straight yaitu kabel yang urutan dari pojok satu dan pojok yang lain sama. urutannya yaitu :

  1. putih orange
  2. orange
  3. putih hijau
  4. biru
  5. putihbiru
  6. hijau
  7. putih coklat
  8. coklat
urutan kabel cross
kabel mempunyai urutan yang berbeda dari kedua pojok kabel. urutan kabel cross sisi 1 :
  1. putih hijau
  2. hijau
  3. putih orange
  4. biru
  5. putih biru
  6. orange
  7. putih coklat
  8. coklat 
urutan kabel cros sisi 2:
  1. putih orange
  2. orange
  3. putih hijau
  4. biru
  5. putih biru
  6. hijau
  7. putih coklat
  8. coklat 
penggunaan kabel cross dan straight pun beda2. untuk penggunaan kabel straigh digunakan untuk alat yang berbeda misalnya router dengan komputer, router dengan hub/switch. dan straignt digunakan untuk alat yang sama seperti komputer ke komputer, hub ke hub dll. tapi untuk penggunaa dibawah 100 meter/ kabel yang panjangnya tidak melebihi 100 meter tidak akan terjadi masalah. kita bebas gunakan straight dan cros sesuka kita asal kabel dibawah 100 meter

#informatika
Previous
Next Post »