TUGAS
Latihan Soal-soal
1. Jelaskan definisi Human Computer Interaction (Interaksi
Manusia dan Komputer)
2. Jelaskan perbedaan antara IMK dan User Interface!
3. Jelaskan definisi
Ergonomi itu ?
4. Mengapa faktor ergonomi dibutuhkan dalam interaksi
manusia dan komputer?
5. Sebutkan dan
jelaskan bidang-bidang apa saja yang terlibat dalam IMK ?
6. Apa saja yang
terlibat dalam IMK ?
7. Sebenarnya
antarmuka apa yang diinginkan oleh user?
8. Jelaskan tentang
stategi yang dubutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan komputer?
9. Sebutkan dan
jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia dan komputer?
10. Jelaskan tentang
hubungan manusia, komputer dan interaksi dalam IMK?
Jawab:
1.
Human Computer Interaction (HCI) adalah
sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan
dan berinteraksi dengan komputer.
2.
Perbedaan antara IMK dan User Interface
a.
Human Computer Interaction (Interaksi Manusia
dan Komputer ) merupakan ilmu yang mempelajari tentang perancangan, evaluasi
dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan manusia, serta
studi fenomena – fenomena besar yang terkait dengannya.
b.
User Interface merupakan jembatan komunikasi
yang menjembatani user dengan komputer
3.
Egronomi merupakan ilmu yang mempelajari
mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang sistem
kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan baik. Dapat pula dikatakan
bahwa aplikasi ilmu egronomi adalah bentuk kondisi yang EASNR yaitu efektif,
aman, sehat, nyaman dan efesien serta aspek fisik yang mendukung dalam
menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
4.
Faktor egronomi di butuhkan dalam IMK karena
manusia yang bekerja di depan komputer memerlukan waktu yang lama. Misalkan
bentuk keyboard, mouse, posisi duduk,dll.
5.
Bidang yang terlibat dalam IMK :
a.
Teknik Elektronika/Ilmu Komputer
Bidang ini
membantu memahami perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan dalam
merancang interaksi manusia dan komputer.
b.
Psikologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang sifat dan kebiasaan manusia yang
berbeda – beda, kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan
motorik pengguna yang beraneka ragam.
c.
Perancangan Garfis dan Tipografi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang penggunaan rancangan grafis
seperti gamabar akan lebih bermakna dari pada teks/tulisan.
d.
Ergonomi
Bidang ini membahas tentang aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan
lingkungan kerja yang nyaman.
e.
Antropologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang cara kerja manusia yang kadang
berkelompok baik pada waktu dan tempat yang sama maupun berbeda.
f.
Linguistik
Linguistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Bidang ini
membantu dalam menciptakan suatu dialog yang diperlukan untuk komunikasi yang memadai
antara user dan komputer. Dialog ini biasanya menggunakan bahasa khusus seperti
(bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah,dll).
g.
Sosiologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan
komputer dengan aspek sosial masyarakat.
h.
Rekayasa perangkat lunak
Faktor ini yang bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien
serta user friendly.
i.
Kecerdasan buatan
Bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan
pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia. Faktor ini berperan penting untuk
menciptakan suatu sistem yang handal, canggih dan menyerupai pola pikir
manusia.
j.
Multimedia (graphic design)
Multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara
manusia dan komputer. Dengan adanya multimedia ini, tampilan suatu sistem yang
dibuat akan menarik dan lebih mydah dimengerti manusia.
6.
Yang terlibat IMK :
a.
Pengguna (manusia)
b.
Sistem (mesin)
c.
Interaksi
7.
Antarmuka yang diinginkan oleh user adalah :
a.
Efektifitas
b.
Fleksibelitas
c.
Kemudahan mempelajari
d.
Sikap orang terhadap sistem
8.
Strategi yang dibutuhkan dalam pengembangan IMK
a.
Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia
sebagai pengguna komputer.
b.
Berbagi informasi yang berhubungan dengan
karakteristik dialog
c.
Pengguna prototipe yang didasarkan pada
spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama antara (calon)
pengguna dan perancang sistem
d.
Teknik evaluasi yang digunakan untuk
mengevaluasi hasil proses prototipe yang telah dilakukan
9.
Sejarah interaksi manusia dan komputer dimuali
pada tahun 1700-an dan 1800-an. Akan tetapi baru menjadi sebuah teknologi pada
tahun 1940-an dan 1950-an. Berikut perkembangan sejarah interaksi manusia dan
komnputer
a.
Tahun 1950-an
Di ttahun ini antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex. Switch
panel). Di tahun ini, mesin sangat sulit
digunakan dan tidak praktis di karenakan mesin komputer sangat mahal dan besar
b.
Tahun 1960-1970-an
Di tahun ini antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOLFORTRAN) dengan
perkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai
penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan dll) dan
mempengaruhi perancangan sistem.
c.
Tahun 1970-1990-an
Di tahun ini mualai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface).
Antarmuka pada level instruksi para peneliti akademis mengatakan suatu
rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai yang memperhatikan
kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun ssistem (komputer) akan memberikan
kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik.
d.
Tahun 1980-an
Di tahun ini diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau
interaksi manusia dan komputer. Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. Gui,
multimedia)
e.
Tahun 1990-an
Antarmuka pada level lingkungan kerja (ex. Sistem network, groupware)
f.
Tahun 200-an
g.
Antarmuka berkembang dengan luas (ex. Mobile
device, interactive screen).
10.
Hubungan antara manusia, komputer dan interaksi
dalam IMK itu sendiri adalah serangkaian proses dialog serta kegiatan yang
dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif
untuk dapat melaksanakan serta menyelesaikan tugas yang diinginkan.
#informatika
EmoticonEmoticon