Latihan soal Interaksi Manusia dan komputer (IMK) tugas 1

Latihan soal Interaksi Manusia dan kompute


Latihan Soal-soal IMK
1. Jelaskan definisi Human Computer Interaction (Interaksi Manusia dan Komputer)
2. Jelaskan perbedaan antara IMK dan User Interface!
 3. Jelaskan definisi Ergonomi itu ?
4. Mengapa faktor ergonomi dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer?
 5. Sebutkan dan jelaskan bidang-bidang apa saja yang terlibat dalam IMK ?
 6. Apa saja yang terlibat dalam IMK ?
 7. Sebenarnya antarmuka apa yang diinginkan oleh user?
 8. Jelaskan tentang stategi yang dubutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan komputer?
 9. Sebutkan dan jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia dan komputer?
 10. Jelaskan tentang hubungan manusia, komputer dan interaksi dalam IMK?

Jawab:
1.       Human Computer Interaction (HCI) adalah sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.
2.       Perbedaan antara IMK dan User Interface
a.       Human Computer Interaction (Interaksi Manusia dan Komputer ) merupakan ilmu yang mempelajari tentang perancangan, evaluasi dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan manusia, serta studi fenomena – fenomena besar yang terkait dengannya.
b.      User Interface merupakan jembatan komunikasi yang menjembatani user dengan komputer
3.       Egronomi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang sistem kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan baik. Dapat pula dikatakan bahwa aplikasi ilmu egronomi adalah bentuk kondisi yang EASNR yaitu efektif, aman, sehat, nyaman dan efesien serta aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
4.       Faktor egronomi di butuhkan dalam IMK karena manusia yang bekerja di depan komputer memerlukan waktu yang lama. Misalkan bentuk keyboard, mouse, posisi duduk,dll.
5.       Bidang yang terlibat dalam IMK :
a.       Teknik Elektronika/Ilmu Komputer
Bidang ini membantu memahami perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan dalam merancang interaksi manusia dan komputer.

b.      Psikologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang sifat dan kebiasaan manusia yang berbeda – beda, kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan motorik pengguna yang beraneka ragam.
c.       Perancangan Garfis dan Tipografi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang penggunaan rancangan grafis seperti gamabar akan lebih bermakna dari pada teks/tulisan.
d.      Ergonomi
Bidang ini membahas tentang aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
e.      Antropologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang cara kerja manusia yang kadang berkelompok baik pada waktu dan tempat yang sama maupun berbeda.
f.        Linguistik
Linguistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Bidang ini membantu dalam menciptakan suatu dialog yang diperlukan untuk komunikasi yang memadai antara user dan komputer. Dialog ini biasanya menggunakan bahasa khusus seperti (bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah,dll).
g.       Sosiologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan komputer dengan aspek sosial masyarakat.
h.      Rekayasa perangkat lunak
Faktor ini yang bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien serta user friendly.
i.         Kecerdasan buatan
Bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia. Faktor ini berperan penting untuk menciptakan suatu sistem yang handal, canggih dan menyerupai pola pikir manusia.
j.        Multimedia (graphic design)
Multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer. Dengan adanya multimedia ini, tampilan suatu sistem yang dibuat akan menarik dan lebih mydah dimengerti manusia.

6.       Yang terlibat IMK :
a.       Pengguna (manusia)
b.      Sistem (mesin)
c.       Interaksi
7.       Antarmuka yang diinginkan oleh user adalah :
a.       Efektifitas
b.      Fleksibelitas
c.       Kemudahan mempelajari
d.      Sikap orang terhadap sistem
8.       Strategi yang dibutuhkan dalam pengembangan IMK
a.       Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.
b.      Berbagi informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog
c.       Pengguna prototipe yang didasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama antara (calon) pengguna dan perancang sistem
d.      Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototipe yang telah dilakukan
9.       Sejarah interaksi manusia dan komputer dimuali pada tahun 1700-an dan 1800-an. Akan tetapi baru menjadi sebuah teknologi pada tahun 1940-an dan 1950-an. Berikut perkembangan sejarah interaksi manusia dan komnputer
a.       Tahun 1950-an
Di ttahun ini antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex. Switch panel).  Di tahun ini, mesin sangat sulit digunakan dan tidak praktis di karenakan mesin komputer sangat mahal dan besar
b.      Tahun 1960-1970-an
Di tahun ini antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOLFORTRAN) dengan perkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan dll) dan mempengaruhi perancangan sistem.
c.       Tahun 1970-1990-an
Di tahun ini mualai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface). Antarmuka pada level instruksi para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun ssistem (komputer) akan memberikan kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik.
d.      Tahun 1980-an
Di tahun ini diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau interaksi manusia dan komputer. Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. Gui, multimedia)
e.      Tahun 1990-an
Antarmuka pada level lingkungan kerja (ex. Sistem network, groupware)
f.        Tahun 200-an
g.       Antarmuka berkembang dengan luas (ex. Mobile device, interactive screen).


10.   Hubungan antara manusia, komputer dan interaksi dalam IMK itu sendiri adalah serangkaian proses dialog serta kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk dapat melaksanakan serta menyelesaikan tugas yang diinginkan.

##informatika
##kopoen
Previous
Next Post »